Senin, 22 Desember 2014

Tips untuk fotografi makro


Fotografi nature memang sangat menarik untuk digali terlebih makluk hidup berukuran kecil yang tidak terlihat jelas dengan mata telanjang. Pada dasarnya fotografi makro tidak selalu berurusan dengan peralatan mahal bahkan dengan budget terbataspun kita bisa menghasilkan gambar yang menarik. Beberapa peralatan berharga terjangkau namun mampu memberikan hasil yang menawan adalah extension tube yang mampu memperdekat jarak fokus subjek. Peralatan lain adalah reverse ring jika dipadukan dengan lensa prime yang terpasang terbalik sehingga meningkatkan faktor pembesaran/magnification factor. Berikut adalah beberapa tips fotografi makro serangga dari para ahli:

– Cegah background berwarna hitam yang sangat membosankan, anda bisa memposisikan kamera sejajar atau lebih rendah untuk mendapatkan background lebih bervariasi, termasuk juga birunya langit.
– Gunakan LCD sebagai viewfinder sehingga anda bisa memfokuskan subjek dengan jarak yang lebih dekat.
– Gunakan beberapa gambar yang dipadukan menjadi satu untuk mendapatkan fokus yang tajam disetiap sudut frame. Cara ini hanya akan bekerja jika subjek diam namun bila bergerak tidak akan efektif.
– Pertimbangkan kontras pada gambar yang anda hasilkan. Jika subjek anda terang cobalah untuk mencari background yang gelap atau sebaliknya jika subjek anda gelap cobalah mencari background yang terang.
– Kontras warna juga memegang peranan penting karena seringkali subjek yang
ita bidik memiliki beragam warna dan bentuk yang sangat menarik.
– Serangga akan bergerak lambat dipagi hari, maka ambillah kesempatan ini untuk mendapatkan gambar terbaik.
– Selalu berfikir kreatif untuk mendapatkan gambar yang menarik. Atur sudut semenarik mungkin bila memungkinkan anda bisa menggunakan bunga yang berwarna warni sebagai pelengkap subjek. Hal ini akan menghasilkan gambar yang jauh lebih menarik
– Cobalah menggunakan kedua jenis fokus yakni manual dan otomatis untuk memeriksa manakah yang mengasilkan gambar lebih maksimal.
– Serangga yang bergerak/aktif melakukan pergerakan akan tampak lebih menarik. Anda bisa menggunakan shutter speed cepat untuk membekukan aksi. Jika mereka sedang berburu makanan atau berkerumun dengan rekan-rekan yang lain bisa jadi pilihan menarik.
– Gunakan ringight flash yakni flashgun yang dikhususkan untuk fotografi makro


Sumber :http://askthephotographer.com/2014/12/tips-untuk-fotografi-makro-serangga-ampuh/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar