Selasa, 23 Desember 2014

Tombol Mode dalam kamera Canon

Kali ini  kita akan mengenal beberapa tombol mode dalam kamera Canon. Tombol putar yang biasanya ada di sebelan kanan atas atas panel memungkinkan kamu untuk memilih variasi eksposur.






Langsung saja disimak :

 Night Portrait Mode:
Modus pertama di Zona Basic, mode ini untuk mengambil gambar orang saat matahari terbenam atau pada malam hari, membiarkan lampu kilat menerangi subjek, sedangkan lama pencahayaan (eksposure) menghasilkan tampilan lebih cerah di sekitarnya. Modus autofocus secara otomatis diatur ke One Shot. Pilihan modus drive (burst) Tunggal atau 10 detik self timer, white balance ke Auto, dan modus metering diatur ke evaluatif. Karena kecepatan rana lambat dianjurkan penggunaan tripod untuk mencegah gerakan dari kamera. Built-in flash secara otomatis diaktifkan dan synched dengan kecepatan rana lambat, sehingga subyek harus tetap diam selama beberapa saat setelah lampu kilat menyala untuk menghindari terjadi bayangan hantu. ISO secara otomatis disesuaikan oleh kamera. (Untuk eksposur malam tanpa flash, Canon merekomendasikan menggunakan mode Landscape.)

 Sports Mode:
Mode ini menggunakan kecepatan rana (SS) yang lebih cepat untuk menangkap subjek yang bergerak cepat. Modus autofocus secara otomatis diatur untuk AI Servo (mode Auto Focus untuk objek yang bergerak terus menerus). Pilihan mode drive High-Speed Continuous Shooting atau 10 detik self timer, white balance dan ISO diatur ke Otomatis, dan modus metering diatur ke evaluatif.  Onboard flash tidak tersedia dalam mode ini (karena tidak dapat siklus cukup cepat untuk bersaing dengan mode continuous exposure).

 Close-up Mode (Makro Mode):
Putar tombol Mode ke simbol bunga untuk mengatur kamera dalam menangkap subjek yang lebih kecil seperti bunga, perhiasan, dan detail-detail kecil lainnya. Mode autofocus secara otomatis disesuaikan dengan One Shot, pilihan mode drive Single Shot atau 10 detik self timer, dan mode metering diatur ke evaluatif. ISO dan white balance diatur ke Otomatis. Mode close-up mengambil keuntungan dari lensa yang digunakan dengan jarak fokus minimum. Namun, disarankan menggunakan lensa makro untuk fotografi close-up yang lebih baik. Perhatikan bahwa tidak seperti mode makro pada kebanyakan kamera digital lain, mode makro pada Canon 60D tidak berpengaruh pada jarak rentang fokus lensa, sebagai parameternya sepenuhnya ditentukan oleh lensa yang digunakan.

 Landscape Mode:
Mode Landscape menggabungkan kecepatan rana lebih lambat dengan pengaturan aperture yang lebih kecil untuk meningkatkan kedalaman ruang saat memotret pemandangan yang luas dan bentang pemandangan. Mode ini juga baik untuk memotret pemandangan malam tanpa objek orang di dalamnya. Canon 60D built-in flash secara otomatis dinonaktifkan, bahkan jika blitz sudah terangkat. Karena modus ini menggunakan kecepatan rana lebih lambat, tripod mungkin diperlukan dalam kondisi pencahayaan yang kurang terang. Fokus diatur ke One Shot, lampu AF assist dinonaktifkan, dan pilihan modus drive tunggal atau 10 detik self timer. Metering lagi diatur ke evaluatif, dan keduanya white balance dan ISO diatur ke Otomatis.

 Portrait Mode:
Mode ini menggunakan pengaturan aperture besar untuk mengurangi kedalaman ruang, yang mengaburkan latar belakang (blur) untuk menekankan POI pada subjek. ISO dan white balance diatur ke Otomatis, metering untuk evaluatif, dan mode AF ke One Shot. Pilihan modus drive Low-Speed ​​Continuous Shooting atau 10 detik self timer, dan flash yang muncul dan menyala otomatis jika diperlukan.

Lampu kilat Off Mode:
Lampu Kilat Off mode menonaktifkan penggunaan flash baik internal maupun eksternal yang terhubung. Fokus diatur ke modus AI Focus, AF assist lamp dinonaktifkan, pilihan modus drive Tunggal atau 10 detik self timer, metering dan diatur ke evaluatif. Kamera kontrol sensitivitas ISO dan white balance otomatis, juga.

 Full Automatic Mode:
Modus terakhir dalam Basic Zone Canon 60D, Full Automatic ditunjukkan pada tombol Mode oleh persegi panjang garis hijau. Dalam mode ini, kamera membuat semua keputusan eksposur dengan pengecualian kualitas gambar. Modus Autofocus diatur untuk AI Focus. Pilihan modus drive Single Shot atau 10 detik self timer, ISO diatur ke Otomatis, dan kedua white balance dan metering mode diatur ke evaluatif. Lampu kilat menyala otomatis jika diperlukan.

 Kreatif Auto Mode:
Canon 60D menawarkan versi terbaru dari Auto Kreatif (atau “CA”) mode, yang memulai debutnya pada 50D. Modus CA adalah sesuatu persilangan antara Program dan Full mode otomatis. Bila diatur ke modus CA, Canon 60D memungkinkan pengguna untuk memilih dari subset dari flash dan mode drive. Anda juga dapat memilih salah satu dari sembilan pilihan Ambience, dengan masing-masing diberi penjelasan user-friendly seperti “Vivid”, atau “Cool”. Semua pilihan Ambience kecuali Pengaturan Standar dan Monokrom menawarkan penyesuaian kekuatan tiga tahap, sedangkan untuk foto Monokrom Anda dapat memilih antara netral, berwarna biru, atau berwarna sepia. Pergeseran Program juga tersedia, dengan nama umum dari “Latar Belakang: Blur <-> Tajam”, dan dengan kontrol lima Tahap. Karena kompensasi eksposur itu sendiri merupakan seleksi suasana, tersedia sebagai pilihan Gelap atau Terang, tidak dapat dikombinasikan dengan jenis suasana lain. Tahapan Eksposure yang tersedia dengan penyesuaian kekuatan tiga tahap sesuai dengan 2/3-stop naik atau turun.
Anda dapat memilih antara RAW, JPEG (termasuk beberapa ukuran / kualitas gambar pilihan), atau Raw + JPEG Large format file melalui sistem menu utama, di mana Anda juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan Peripheral Koreksi Iluminasi dan red-eye reduction. Sisanya fitur yang lebih kompleks tetap berada di bawah kontrol otomatis. Modus Autofocus diatur untuk AI Focus. (AI Fokus mengevaluasi gerakan subjek, secara otomatis mengatur salah satu; one shot AF atau AI Servo AF secara otomatis.) Pilihan modus Drive dapat Ditembak Single, Low-Speed ​​Continuous Shooting, atau 10 detik self timer, ISO diatur ke Otomatis, dan kedua white balance dan metering mode diatur ke evaluatif. Layar LCD belakang panel Canon 60D menawarkan teks bantuan untuk setiap pengaturan sementara dalam mode CA, misalnya mendorong pengguna apakah mereka ingin mengaburkan latar belakang dengan pergeseran program, atau membuat gambar lebih terang / gelap dengan kompensasi eksposur, dll.

 Program AE:
ini adalah mode pertama di Zona Kreatif tombol Mode. Program AE bekerja mirip dengan penuh otomatis mode eksposur, tetapi memungkinkan kontrol lebih besar atas variabel eksposur. Aperture dan kecepatan (dari 1/8000 sampai 30 detik) rana secara otomatis dipilih oleh kamera, tetapi Anda dapat menggeser eksposure lebih besar atau lebih kecil dengan memutar tombol utama, yang akan mengubah kombinasi aperture dan shutter speed dengan tetap mempertahankan nilai eksposur yang sama, tetapi dengan kombinasi yang berbeda dari aperture / shutter speed.

 Shutter-Priority AE:
Mode ini memungkinkan Anda untuk secara manual mengatur kecepatan rana mana saja dari 1/8000 sampai 30 detik, sementara kamera memilih yang terbaik pengaturan aperture yang sesuai. Anda memiliki kontrol atas semua variabel eksposur lainnya, termasuk kompensasi eksposur.
 Aperture-Priority AE:
Kebalikan dari modus Shutter-Priority, Aperture-Priority AE memungkinkan Anda untuk mengatur bukaan lensa (dengan nilai tersedia tergantung pada lensa yang digunakan), sementara kamera memilih kecepatan rana yang paling tepat. Sekali lagi, Anda memiliki kontrol terhadap semua variabel eksposur lainnya, termasuk kompensasi eksposur.

 Manual Exposure:
Mode ini memberikan kisaran yang sama kontrol eksposur sebagai mode eksposur Zona Kreatif lainnya (kecuali untuk kompensasi eksposur), namun memungkinkan Anda mengontrol kecepatan rana (dari 1/8000 sampai 30 detik) dan bukaan lensa secara mandiri. Sebuah tampilan di viewfinder melaporkan apakah kamera berpikir pengaturan Anda akan menghasilkan pencahayaan over, under, atau normal pada hasil foto.

 Bulb Mode:
Mode ini mirip dengan Manual eksposur, dalam hal ini memungkinkan Anda mengontrol kecepatan rana dan bukaan lensa secara mandiri. Namun, bukan kecepatan rana tetap, 60D menawarkan rana Bulb, memungkinkan eksposur panjang selama Anda menekan tombol rana. (Tampilan waktu yang digunakan muncul di info panel atas, dari satu sampai 999 detik, saat eksposur berlangsung.) Untuk menghindari guncangan kamera, Anda juga dapat mengontrol waktu bukaan menggunakan RS-60E3 kabel saklar remote, atau salah satu dari tiga inframerah remote kontrol – RC-6, RC-5, atau RC-1.

 User Setting Mode:
Pengaturan terakhir pada tombol Mode memungkinkan Anda untuk menyimpan satu kelompok pengaturan kamera untuk mengingat cepat. Berguna saat pengambilan gambar sebuah acara di bawah sumber cahaya yang dikenal, mode kustom memungkinkan Anda mendaftar pengaturan kamera untuk kondisi tertentu dan dengan mudah beralih antara pengambilan gambar di salah satu mode eksposur lainnya, atau mode user setting yang disimpan sebelumnya. Anda dapat menyimpan sebagian besar pengambilan gambar pilihan mode kamera serta pengaturan Fungsi Kustom.

udah segitu dulu, thanks :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar